Yang dimaksud dengan manager adalah orang atau seseorang
yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang berbagai
karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang sesuai
dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology). Dan tugas seorang manager
adalah bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variabel (karakteristik,
budaya, pendidikan dan lain sebagainya) kedalam suatu tujuan organisasi yang
sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian. Adapun mekanisme yang
diperlukan untuk menyatukan variabel diatas adalah sebagai berikut: •
Pengarahan (direction) yang mencakup pembuatan keputusan, kebijaksanaan,
supervisi, dan lain-lain. • Rancangan organisasi dan pekerjaan. • Seleksi,
pelatihan, penilaian, dan pengembangan. • Sistem komunikasi dan pengendalian. •
Sistem reward. Hal tersebut memang tidak mengherankan karena posisi Manajer
Proyek memegang peranan kritis dalam keberhasilan sebuah proyek terutama di
bidang teknologi informasi. Berikut ini kualifikasi teknis maupun nonteknis
yang harus dipenuhi seorang Manajer Proyek yang saya sarikan dari IT Project
Management Handbook. Setidaknya ada 3 (tiga) karakteristik yang dapat digunakan
untuk mengukur tingkat kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer Proyek
yaitu: • Karakter Pribadinya yang memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai
teknis pekerjaan dari proyek yang dikelola olehnya, yang mampu bertindak
sebagai seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung jawab serta
yang memiliki integritas diri yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana
yang mendukung di lingkungan tempat dia bekerja. • Karakteristik Kemampuan
Terkait dengan Proyek yang Dikelola • Karakteristik Kemampuan Terkait dengan
Tim yang Dipimpin
referensi : http://saiiamilla.wordpress.com/
0 komentar:
Posting Komentar