Pendekatan teori perilaku konsumen ada dua macam yaitu:
1. Teori Utility Cardinal
2. Teori Utility Ordinal
Teori Utility Cardinal
Tokoh-tokohnya adalah Gossen, Warles, Jevons
- Memberikan penilaian subjektif akan pemuasan kebutuhan dari suatu barang.
- Tinggi rendahnya suatu barang tergantung pada subjek yang memberiakn penilaian.
- teori ini berupaya untuk mengkuantifikasikan kepuasan.
a. daya guna di ukur dalam suatu uang : penambahan uang untuk menambahkan unit yang di konsumsi.
b. Daya guna marginal dari uang tetap : nilai suatu uang dalam satuannya adalah sama, tanpa pandang statusnya.
c. Additivitas : utility total adalah keseluruhan konsumsi dari barang.
d. Daya Guna bersifat independen.
e. Periode konsumsi berdekatan dan dengan jumlah yang sama
Jenis Nilai Guna dalam terori utility cardinal
- Total Utility
- Marginal Utility
Tokoh-tokoh adalah Hikeks dan Allen
- Mengukur kepuasan dalam konsumsi dengan berdasarkan urutan kepuasan
-Dalam penilaiannya menggunakan kurva indifference
Asumsi dasar teori utility ordinal
a. Rasionalitas
b. Konveksitas
c. Nilai guna tergantung pada jumlah barang yang di konsumsi
d. Transivitas
e. Kurva indifference tidak boleh bersinggungan atau saling berpotongan
0 komentar:
Posting Komentar