Tag Cloud

Pengikut

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Rabu, 24 Maret 2010

Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen(Teori Nilai Guna/Utility)

Pendekatan teori perilaku konsumen ada dua macam yaitu:

1. Teori Utility Cardinal
2. Teori Utility Ordinal

Teori Utility Cardinal
Tokoh-tokohnya adalah Gossen, Warles, Jevons
  • Memberikan penilaian subjektif akan pemuasan kebutuhan dari suatu barang.
  • Tinggi rendahnya suatu barang tergantung pada subjek yang memberiakn penilaian.
  • teori ini berupaya untuk mengkuantifikasikan kepuasan.
Pendekatan Matematik

a. daya guna di ukur dalam suatu uang : penambahan uang untuk menambahkan unit yang di konsumsi.

b. Daya guna marginal dari uang tetap : nilai suatu uang dalam satuannya adalah sama, tanpa pandang statusnya.

c. Additivitas : utility total adalah keseluruhan konsumsi dari barang.

d. Daya Guna bersifat independen.

e. Periode konsumsi berdekatan dan dengan jumlah yang sama

Jenis Nilai Guna dalam terori utility cardinal
  • Total Utility
  • Marginal Utility
Teori Utility Ordinal
Tokoh-tokoh adalah Hikeks dan Allen
- Mengukur kepuasan dalam konsumsi dengan berdasarkan urutan kepuasan
-Dalam penilaiannya menggunakan kurva indifference

Asumsi dasar teori utility ordinal

a. Rasionalitas
b. Konveksitas
c. Nilai guna tergantung pada jumlah barang yang di konsumsi
d. Transivitas
e. Kurva indifference tidak boleh bersinggungan atau saling berpotongan

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

Designed by: Compartidísimo
Scrapping elements: Deliciouscraps©